me, myself, i, and creativity

Archive for October 2010

This is it! Ini dia inovasi terpenting di Drivaza, company IBE saya. Bagi yang belum tau IBE, IBE itu adalah Integrated Business Experienced. Salah satu mata Kuliah wajib di SBM-ITB. dimana, kita semua setiap kelas, harus membuat suatu perusahaan real, dengan product yang kita buat dan kembangkan sendiri. kemudian hasil profitnya akan kita gunakan untuk CSR, pengembangan daerah2 yang masih belum maju, terutama dalam hal entrepreneurship nya.

Benda ini namanya TreeShelf, salah satu product book(s)helf dari DRIVAZA. Terbuat dari HPL, produk ini mampu membuat drivaza mencapai target salesnya yang sudah lama tersendat. Dalam waktu yang sebentar saja, treeself ini banyak sekali menarik perhatian costumer. mulai dari untuk pribadi, maupun untuk kegiatan bisnis. Fungsinya selain bisa buat rak buku, bisa buat rak sepatu juga lho! Bagus kaan?? 🙂

hmm. ok.. lets make it simple! karena sebenernya saya juga engga mengerti terlalu dalam sama hal yang satu ini.
but i’ll try to describe it, again, on my own understanding and some references.

apa sih open innovation?
gampangnya, kita sebut aja proses perusahaan menjadi lebih terbuka kepada orang luar perusahaan. eits.. dalam hal apa dulu. tentu aja dalam hal innovation! jadi, perusahaan akan menerima dan menampung ide-ide dari orang luar perusahaan dalam melakukan riset serta inovasi, pastinya tetap ada prosedurnya. hal ini jelas aja lebih menguntungkan bagi perusahaan, karena ide-ide yang mereka dapatkan untuk melakukan inovasi tentu lebih banyak dan beragam. dan ini membuat perusahaan lebih kreatif lagi dalam memilih keputusan.
untuk melihat perbedaannya, bisa kita liat dari gambar dibawah ini.

lalu, apa Open Business?
Open Business represents a concept of doing business in a transparent way by intimately integrating an ecosystem of participants, collaborating in public space.
Open Business structures make contributors and non-contributors visible such that the business benefits are distributed accordingly.
They activate personal engagement and productivity by benefitting the contributors and producers that they can live from it and helping the clients to reduce their costs. (www.wikipedia.com)

intinya adalah memanfaatkan kelemahan kita menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk kita.
contoh perusahaan yang melakukan open business model adalah

hmm…

ok…

a little stuck to get the example.

but i think ONLINE SHOP is one of open business. di zaman yang modern dan semua orang serba instant ini, online shop menjadi sangat populer.

why? its so easy. semua orang bisa bikin ini. kelemahan2 yg kita punya a
ga punya toko? tinggal buka toko di website.
ga punya uang buat bikin website? banyak website yang bisa kita bikin gratis, atau cuma blog gratis. malahan, kalo udah banyak yang sering liat suka dibayar buat dititipin iklan orang. asik kan?
ga perlu bikin kantong keresek yg bagus, beli patung model yg banyak.
jauh? ada jasa pengiriman. ongkosnya? ya suruh yang beli bayar doong hehehe. pokoknya online shop emang bener2 open banget deh!

(source : http://www.openinnovation.eu/openinnovatie.php, http://en.wikipedia.org, google)

sampai saat ini, detik ini, perusahaan yang no. 1 paling kreatif versi saya adalah

lihat yang ini

atau yang ini

atau bahkan yang ini

yang gedenya kira2 segede kelingking aja tapi harganya segede jempol kaki?

that’s apple i guess. mereka membuat sesuatu yg simple menjadi sesuatu yang prestigious. hanya dengan warna putih, hitam, atau mungkin abu2, namun produk mereka lebih dilirik dibandingkan produk2 lain yg sudah jelas fiturnya lebih lengkap, desain lebih menarik, dan warna yang lebih beragam. bahkan menurut saya, seorang remaja gaul yang ingin membeli laptop dan berkata “ih lucu pisan nya, lucu pisan” melihat warna serta desain yang beragam, pasti ingin memiliki sebuah MACBOOK! atau bahkan sebuah IPAD yang sebenernya fungsinya kurang jelas juga.

dengan harga yang diatas rata2 dan fitur yang masih dibawah produk lain bahkan dengan harganya yg lebih murah, apple sanggup menarik hati orang2 untuk memilihnya. itulah yang membuktikan betapa kreatifnya apple. karna ke-SIMPLE-annya!