me, myself, i, and creativity

Spiritual Creativity, WHAT??

Posted on: December 9, 2010

Spiritual Creativity. hmm.. ini adalah..
oh, oke. kita coba cari di google.
hmm.. jengjengjeng. GA ADA.

apa? apa ini spiritual creativity?
pentingkah? memangnya apa ini?

dan setelah mencari-cari kesana kemari, akhirnya saya sedikit tahu tentang spiritual creativity.
kalo bisa dibilang spiritual creativity itu adalah.. ok, mending kita flashback dulu sedikit.

Pada hakikatnya manusia dibekali dengan 3 kecerdasan utama yaitu :

1. Intellegent Quotient(IQ)
2. Emotional Quotient (EQ)
3. Spiritual Quotient (SQ)

Jaman dulu, Intelligence Quotient atau yg punya nama gaul IQ yaitu kecerdasan otak itu sangat penting di kalangan sosial. sekolah dimana atau lulusan mana menjadi cap yang cukup penting untuk menjalani kehidupan. hal ini sebenernya jadi memunculkan stereotype yg mungkin sudah disanggah banyak orang sekarang. Seperti, anak yg masuk ITB pasti pintar dan memiliki IQ yg tinggi dan yg pasti nantinya gampang diterima kerja dimanapun. padahal, ga selalu seperti itu. dan hal ini juga yg membuat ranking serta nilai menjadi sangat penting untuk para siswa, sehingga merekapun melakukan banyak cara agar nilai dan rangkingnya tetap bagus.

Tapi, manusia selalu menjadi lebih pintar setiap saat. selalu saja ada sesuatu yg baru, dan kemudian orang-orang mulai berkenalan dengan Emotional Quotient (EQ). setingkat diatas IQ, itulah EQ. Kecerdasan Emosional (EQ) ialah suatu kekuatan yang sangat penting di samping kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dan kecerdasan ini berdasarkan pada attitude atau sikap kita terhadap orang lain. Ternyata selain dengan otak, kita juga harus pintar secara emotional. kenapa? ternyata pintar aja ga cukup. jika seseorang memiliki IQ yang sangat tinggi sementara point EQ nya rendah, maka ia tidak akan mencapai keseimbangan dalam hidup. Nah, si EQ ini nih yg katanya cikal bakal dan trs berkembang menjadi Spiritual Creativity (SQ)

“Kecerdasan emosional memang membuat orang lebih mudah mencapai sukses dalam hidup. Tapi untuk menemukan kebahagiaan dan makna dari kehidupan, diperlukan kecerdasan spiritual.”

Pengetahuan dasar yang perlu dipahami adalah SQ tidak mesti berhubungan dengan agama. Kecerdasan spiritual (SQ) adalah kecerdasan jiwa yang dapat membantu seseorang membangun dirinya secara utuh. SQ tidak bergantung pada budaya atau nilai. Tidak mengikuti nilai-nilai yang ada, tetapi menciptakan kemungkinan untuk memiliki nilai-nilai itu sendiri. (http://www.untag-sby.ac.id/?mod=berita&id=33)

Kalo IQ lebih ke otak, EQ lebih ke emotional atau hati, kesimpulan sy dari beberapa tulisan yg saya baca SQ lebih keseluruhan dan maknanya. SQ adalah kecerdasan jiwa orang itu sendiri. tau kan jiwa? tanpa jiwa, seorang manusia bukan seseorang. kosong.

dan menurut kesimpulan saya jg, spiritual creativity akan sulit kita dapat jika kita tidak cerdas secara spiritual. sedangkan, spiritual creativity ini merupakan hal yg akan menjadi sangat hebat jika terjadi. karena jika kita memiliki kecerdasan spiritual, kita akan lebih mampu untuk berfikir out-of-the-box. kita akan dapat melihat segala peluang dan hal positif dari hal yang amat-sangat-super-duper negatif.

Keep your spirit brave, guys!

salam super, hehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: